LOMBA MENULIS CERPEN TINGKAT NASIONA


Yo yo yoo… ada lomba lagi kawan-kawan semua. Lomba menulis cerpen tingkat nasional yang diselenggarakan Dewan Kesenian Lampung.  Kalau lihat dari keterangannya sih, terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). Silahkan klik DISINI, untuk mengetahui info lebih lanjut.

Ayo bagi yang merasa penulis, ikuti lomba ini!

DKL Gelar Krakatau Award 2010

Bandar Lampung,

Dewan Kesenian Lampung (DKL) kembali menggelar Krakatau Award 2010. Untuk tahun ini berupa lomba penulisan cerpen tingkat nasional. Penghargaan akan diberikan kepada empat cerpen terbaik masing-masing juara I hingga IV, serta enam nominasi non-ranking.

Menurut Ketua Umum DKL Syafariah Widianti, DKL akan tetap konsisten dalam menghargai karya seni. Salah satunya adalah memberi penghargaan karya sastra terbaik melalui lomba penulisan. “DKL saat ini baru bisa memberi penghargaan kepada karya puisi dan cerpen terbaik. Tak menutup kemungkinan, tahun-tahun mendatang DKL akan memberi penghargaan karya novel atau esei sastra-budaya,” ujar Atu Ayi, sapaan Ketua Umum DKL.

Dikatakan, pemberian penghargaan Krakatau Award bagi karya sastra ini melalui penilaian karya-karya yang diterima panitia. “Melihat animo peserta lomba penulisan puisi tahun lalu yang sangat banyak, telah merangsang DKL untuk konsisten menggelar KA,” katanya.

Diakui Atu Ayi, hadiah KA memang masih terbilang kecil, hal itu disebabkan alokasi anggaran yang didapat DKL dari APBD Provinsi Lampung belum bisa mencover harapan pengurus DKL. “Namun kami akan berupaya hadiah bisa ditambah pada tahun-tahun depan,” lanjutnya.

Sementara Koordinator Krakatau Award 2010, Isbedy Stiawan ZS menjelaskan, lomba penulisan cerpen “Krakatau Award 2010” ini bertema “Lampung: Lokal-Global”, yaitu cerpen harus bersandar kepada nilai-nilai adat, seni budaya atau dunia wisata di Lampung. Bagaimana peran lokalitas dalam berhadapan dengan globalisasi yang tak bisa dihindari.

Adapun panjang cerpen maksimal 10 halaman kwarto, diketik 1,5 spasi, font Times New Roman 12. Peserta berusia minimal 17 tahun, dapat mengirimkan maksimal 3 naskah cerpen dan masing-masing naskah rangkap 4. Setiap karya disertai kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar) dan biodata atau keterangan lain pada lembaran terpisah.

Naskah lomba penulisan cerpen tingkat nasional tersebut dikirim ke Panitia Krakatau Award 2010, Sekretariat Dewan Kesenian Lampung Jalan Gedung Sumpah Pemuda Kompleks PKOR Wayhalim, Bandar Lampung selambat-lambatnya 30 Juni 2010 (cap pos). “Para pemenang akan diumumkan minggu ketiga Juli 2010,” jelas Isbedy Stiawan ZS.

Adapun juara I-IV, DKL menyediakan penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan yaitu Rp 2 juta, Rp 1,5 juta, Rp 1 juta, dan Rp 500 ribu. Sementara enam naskah nominasi non-ranking diberikan piagam.

======
Dewan Kesenian Lampung
Jalan Gedung Sumpah Pemuda Kompleks PKOR Wayhalim Telp (0721) 703077
Bandar Lampung

LOMBA PENULISAN CERPEN TINGKAT NASIONAL
KRAKATAU AWARD 2010

Tema     “Lampung: Lokal-Global ”

1.    SYARAT PESERTA
1.    Peserta warga negara Indonesia, minimal berusia 17 tahun.
2.    Setiap peserta mengirimkan maksimal 3 naskah cerpen.
3.    Naskah merupakan karya orisinal, belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan pada lomba lain.
4.    Naskah menggunakan bahasa Indonesia.
5.    Naskah yang dikirim menjadi hak panitia sepenuhnya.
6.    Naskah dikirim dalam bentuk print out 4 eksemplar ke Sekretariat Dewan Kesenian Lampung Jalan Gedung Sumpah Pemuda Kompleks PKOR Wayhalim, Bandarlampung.
7.    Naskah diterima oleh panitia 30 Juni 2010 (cap pos)
8.    Peserta harus menyertakan biodata lengkap di halaman terpisah
9.    Menyertakan fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Kartu pelajar/Kartu Mahasiswa).
10.    Naskah yang tidak memenuhi persyaratan tidak dapat diikutsertakan lomba .
11.    Pemenang lomba akan diumumkan minggu III Juli 2010.
12.    Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

2.    SYARAT PENULISAN
1.    Naskah cerpen maksimal 10 halaman kwarto.
2.    Spasi 1,5
3.    Font Times New Roman 12

3.    HADIAH LOMBA
Juara lomba penulisan cerpen ini akan mendapatkan hadiah sebagai berikut :

1. Juara 1 uang tunai sebesar Rp. 2.000.000,-, dan piagam
2. Juara 2 uang tunai sebesar Rp. 1.500.000,-  dan piagam
3. Juara 3 uang tunai sebesar Rp. 1.000.000,-. dan piagam
4. Juara 4 uang tunai sebesar Rp.    500.000,-  dan piagam
5. 6 nominasi non-ranking mendapatkan piagam

Sumber: Situ seni dot com

catatan: logo di atas bukan logo resmi lomba, melainkan mengunduh dari, http://www.taibros.net/images/writing.jpg

Tinggalkan komentar