Cara Mengembangkan Ide Cerita Fiksi Ala Rey (Bag 1)


Antara Tehnik menulis, dan Ide Cerita.

Biarpun saya bukan penulis sebesar Stephen King yang membuat cerita The Mist, dan kabut di dalam supermarketnya. Saya juga bukan JK Rowling yang bisa menyihir imajinasi pembaca dengan dunia sihirnya. Ataupun saya bukan Dee yang mampu menyedot perhatian ‘sastrawan dan sastrawati’ dengan Supernova-nya. Saya hanya penulis biasa yang ingin berbagi kepada para penulis sekalian, tentang cara mengembangkan ide, ala saya sendiri.

Banyak penulis yang merasa, dengan teknik menulis yang hebat– seorang penulis mampu menarik perhatian dunia kepenulisan, dengan tekniknya. Ya…saya menganggap itu ada benarnya juga, tetapi apakah seorang pembaca mengerti dengan itu semua? Apa pembaca tahu EYD anda sudah sesuai atau tidak? Atau pembaca akan meneliti letak kesalahan anda dimana, lalu akan langsung mencap anda penulis yang amatir?

Jawaban dari saya pribadi…TIDAK SEMUANYA!  Teknik itu akan mengikuti setelah anda punya sesuatu yang berbeda dari diri anda (dibaca: karya tulis anda). Dan yang berbeda itu tak hanya Pak Teknik, yang mengalir, dan mampu menyedot perhatian anda hingga Si Buku dibaca sampai habis. Penilaian subjektif saya, jika anda hanya mengandalkan Pak Teknik sebagai kekuatan menulis anda,  maka pembaca akan jenuh dengan cerita standar yang anda tawarkan,  walau teknik yang anda gunakan, bisa dibilang luar biasa!

Kredibilitas anda sebagai penulis fiksi akan diragukan: padahal, anda sudah merasa “Teknik gue dah keren nih! Lo aja yang buta engga bisa liat tulisan gue yang sekeren ini”

Woohhoo…Halloo. Anda penulis atau Tuhan?

Penulis yang baik, adalah penulis yang puas jika tulisan yang dibuatnya, bermanfaat bagi orang lain. Memberikan kesan yang mendalam di hati pembaca, dan dapat dikenang namanya hingga beberapa dekade. Itu menurut saya.

Sedangkan penulis yang luar biasa, bagi saya, adalah penulis yang mau menggali kreativitas di dalam dirinya. Mengembangkan apa yang sudah dimilikinya walaupun lebih– dan terus berpacu untuk melakukan yang lebih, dan lebih. Ia tak pernah merasa puas, jika hanya menjadi pengikut aliran si A. Tapi menjadi si A agar diikuti. Yah…singkat kata mah, jadi trendsetter. Jadi penulis yang memiliki karakter BEDA! Bukan penulis yang berkarakter SAMA.

Dan itu semua biasanya, terlihat dari satu kata: IDE!

Apa anda tak ingin menjadi seorang penulis yang dinilai tak pernah kehabisan IDE? Apa anda tak ingin tulisan anda menjadi best seller, karena IDE ceritanya yang cemerlang? Apa anda tak ingin memiliki kreativitas diluar penulis yang hanya mengandalkan teknik saja?

Jika seluruh jawaban anda adalah TAK INGIN. Maka selamat! Anda akan terus dibayangi oleh standarisasi yang dibentuk oleh pikiran anda sendiri. Dan jika jawaban anda: IYA, SAYA INGIN! Maka buatlah perubahan dalam gaya menulis anda. Ciptakan sesuatu yang berbeda. Buat cerita yang tak pernah orang bayangkan sebelumnya.

Tapi tunggu dulu. Bukan berarti anda punya ide, lantas anda dikatakan penulis yang hebat. Jangan buat pembaca malah pusing dengan cerita yang anda buat, karena melihat tulisan yang keren, tapi tak memiliki teknik menulis yang mumpun. Biar bagaimanapun, kombinasi antara ide dan teknik yang bagus selalu menghasilkan karya yang sulit untuk dilupakan.

Pelajaran pembukaan tentang Ide yang pertama:

Jika anda memiliki ide yang cemerlang. Dan beda dari yang lainnya: simpan ide anda, kalau perlu tulis. Kemudian Belajarlah dahulu menggunakan teknik menulis yang baik dan benar. Menjadi penulis itu gampang-gampang susah, juga sabar-tidak sabar.

Baiklah, anda sudah terlanjur membaca terlalu jauh tulisan saya. Apa salahnya melihat cara saya mengembangkan ide, lalu anda kembangkan lagi dengan imajinasi anda, hingga tanpa batas. Percayalah kalau yang namanaya  ide itu, Unlimited.

Yang pertama:

Berpikirlah kalau ide anda itu BEDA! Tidak SAMA. Jangan biarkan orang lain mengusik pikiran anda : kalau ide anda itu SAMA.

bersambung…


Sumber gambar:

http://images.search.yahoo.com/images/view?back=http%3A%2F%2Fimages.search.yahoo.com%2Fsearch%2Fimages%3Fp%3Dlamp%2Bidea%26ei%3DUTF-8%26fr%3Dyfp-t-701&w=448&h=336&imgurl=absurdity.ru%2Fwp-content%2Fuploads%2F2008%2F10%2Fidea-lamp.jpg&rurl=http%3A%2F%2Fabsurdity.ru%2F237%2Fredesign&size=15k&name=idea+lamp+jpg&p=lamp+idea&oid=ef6a8613a134309a&fr2=&no=1&tt=18395&sigr=110qb3if1&sigi=11l3r4kmh&sigb=12ep6eg2i


Iklan

3 Tanggapan

  1. Nice share Gan!

    Btw gila dah, itu link gambarnya panjang amat, sampe separagraf….

  2. yuph, nulis sajalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: